3 Tips Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

Ilustrasi belajar. Unsplash/Annie Spratt

Apakah di antara teman-teman di Bimbel Pandu ada yang tertarik dengan Bahasa Inggris tetapi menghadapi kendala dalam pengucapan, pemahaman, dan hal lainnya?

Seringkali, saat belajar Bahasa Inggris, banyak yang disarankan untuk mengikuti kursus atau bergabung dengan komunitas tertentu.

Namun sebenarnya, belajar Bahasa Inggris juga bisa dilakukan secara mandiri atau yang sering disebut dengan belajar otodidak.

Belajar Bahasa Inggris secara otodidak tidaklah sesulit yang mungkin teman-teman di Bimbel Pandu bayangkan.

Hanya dengan mengikuti tiga tips berikut ini, teman-teman bisa membantu diri sendiri dalam belajar Bahasa Inggris di rumah.

Lalu, bagaimana cara melakukannya? Berikut adalah tiga tips untuk belajar Bahasa Inggris secara otodidak.

Tips Belajar Bahasa Inggris:

  • Memiliki niat dan tujuan belajar yang jelas

Sebelum memulai proses belajar Bahasa Inggris, disarankan untuk menetapkan tujuan yang spesifik mengapa kamu ingin meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris.

Misalnya, tujuan bisa berkisar dari persiapan untuk ujian nasional atau ujian masuk perguruan tinggi, atau bahkan untuk melamar pekerjaan di perusahaan atau instansi pemerintah yang mensyaratkan skor Bahasa Inggris di atas 500.

Dengan memiliki tujuan yang jelas, belajar akan menjadi lebih terfokus untuk mencapai target yang telah ditetapkan. Tidak hanya itu, tujuan tersebut juga akan berfungsi sebagai motivasi ketika sedang merasa bosan atau kurang semangat dalam proses belajar. Dengan mengingat kembali tujuan awal, dapat mendorong diri sendiri untuk kembali bersemangat dalam menyelesaikan tugas demi mencapai target yang diinginkan.

  • Memanajem waktu dan strategi belajar

Memperoleh kemahiran Bahasa Inggris secara mandiri tidak berarti belajar secara sembrono. Belajar sendiri juga memerlukan pengaturan waktu yang disiplin untuk mencapai hasil yang optimal. Oleh karena itu, penting untuk merencanakan jadwal belajar secara teratur. Misalnya, menetapkan waktu belajar selama 30 menit atau satu jam setiap hari.

Baca Juga :  4 Cara Mengetahui Madu Asli dan Campuran

Jika waktu luang terbatas, bisa mengatur jadwal belajar dalam seminggu. Sebagai contoh, tiga kali dalam seminggu, seperti pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Dengan cara ini, belajar Bahasa Inggris secara mandiri dapat dilakukan secara rutin dan konsisten.

  • Latihan mendengarkan, menulis dan membaca

Belajar Bahasa Inggris secara mandiri melibatkan latihan dalam mendengarkan, membaca, dan menulis. Untuk langkah awal yang sederhana, Anda dapat mulai dengan mendengarkan lagu-lagu dalam bahasa Inggris, konten video, wawancara, atau menonton film berbahasa Inggris.

Dengan melakukan ini, otak akan memperoleh pemahaman kata-kata dalam bahasa Inggris melalui pendengaran. Kata-kata tersebut kemudian akan diproses dan diingat oleh otak.

Disarankan juga untuk mencatat kosa kata baru dalam sebuah buku, sehingga dapat diulas kembali di kemudian hari dan mencari artinya dalam bahasa Indonesia. Hal ini tidak hanya membantu dalam mengingat kosa kata, tetapi juga memahami arti dan konteks kata tersebut.

Setelah latihan mendengarkan dan menulis, langkah berikutnya adalah mempelajari membaca. Anda dapat mencari bacaan seperti buku, artikel, atau berita dalam bahasa Inggris.

Dengan membaca, otak juga akan menyerap kosa kata baru dari materi bacaan tersebut. Jika terdapat kosa kata yang belum dipahami, Anda dapat merujuk ke kamus. Dengan cara ini, membantu Anda untuk memahami makna bacaan dan konteks penggunaan setiap kosa kata yang digunakan.

Itulah beberapa tips yang dapat Sobat Bimbel Pandu lakukan apabila ingin belajar Bahasa Inggris secara otodidak.***

Bagikan :

Artikel Lainnya

3 Cara Berkesan untuk Anak Gemar...
Apakah Teman-teman Bimbel Pandu masih ingat dengan buku yang p...
Buku-buku Fiksi dengan Segudang ...
“Fiksi itu sangat penting karena membuka imajinasi. Fiks...
Membaca Buku Gratis Melalui iPusnas
Perekmbangan teknologi semakin pesat. Tidak memungkiri akan ba...
Bimbel Pandu dan Komunitas Pedul...
...
4 Cara Mengetahui Madu Asli dan ...
Halo Sobat Bimbel Pandu apakah dari kalian sudah bisa mengetah...
Kemendikbud Akan Masukkan Sastra...
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Keme...

Hubungi kami di : 081391427950

Kirim email ke kamibimbelpandu@gmail.com