Tidak Lolos Seleksi SNBP 2024? Ini Daftar 7 Jalur Lain

Sumber: snpmb.bppp.kemdikbud.go.id

Pada 26 Maret 2024 kemarin, pihak SNBP menerbitkan pengumuman secara keseluruhan, menjadikan momen yang dinantikan oleh para calon mahasiswa.

Kabarnya, sekitar 126 ribu calon mahasiswa lulus melalui jalur SNBP atau yang sebelumnya dikenal sebagai jalur SNMPTN pada tahun 2024 ini.

Namun, bagi mereka yang kurang beruntung melalui jalur tersebut, jangan berkecil hati, masih terdapat beberapa jalur alternatif lain yang bisa dipilih.

Panitia masuk kampus bersama menyediakan jalur alternatif bagi siswa yang tidak lulus pada SNBP 2024.

Jika Anda lulus melalui jalur SNBP 2024, Anda akan diharuskan untuk melakukan pendaftaran ulang karena tidak berhak mengikuti UTBK dan seleksi mandiri di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) mana pun.

Untuk Sobat Bimbel Pandu yang belum beruntung pada jalur SNBP 2024, berikut adalah 7 jalur alternatif yang bisa dipilih.

  1. UTBK-SNBT 2024

Siswa kelas 12 yang tidak mengikuti SNBP, siswa yang mengambil gap year pada tahun 2022 dan 2023, serta lulusan paket C sekarang bisa membuka pendaftaran untuk UTBK-SNBT 2024.

Namun, peserta SNBP 2024 baru dapat mendaftar UTBK-SNBT mulai Selasa, 26 Maret pukul 15.00 WIB setelah hasil seleksi keluar. Mereka harus melakukan pendaftaran secara daring melalui Portal SNPMB di tautan https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ menggunakan akun SNPMB yang telah mereka daftarkan sebelumnya.

Dalam SNBT 2024, siswa bisa memilih hingga 4 program studi di 4 PTN dengan ketentuan yang berlaku. Batas pendaftaran masih terbuka hingga tanggal 5 April 2024, jadi pastikan untuk tidak melewatkan batas waktu tersebut!

  1. Seleksi Mandiri PTN dan PTS

Seleksi mandiri PTN dan PTS juga merupakan bagian dari proses seleksi nasional, yang diadakan oleh masing-masing perguruan tinggi.

PTN atau PTS masing-masing secara independen menentukan jenis dan waktu seleksinya. Salah satu perbedaan penting antara jalur seleksi mandiri ini dengan SNBP atau SNBT adalah mengenai biaya kuliah.

Baca Juga :  Sering Diucapkan Saat Lebaran Idul Fitri, Ini Arti dari Taqabalallahu Minna Wa Minkum

Beberapa perguruan tinggi mungkin mengenakan biaya uang pangkal, sumbangan pengembangan institusi (SPI), atau iuran pengembangan institusi (IPI), selain dari uang kuliah tunggal (UKT) bagi mahasiswa baru pada awal perkuliahan. Oleh karena itu, kamu harus memperoleh informasi yang lengkap dan akurat mengenai persyaratan dan biaya dari kampus yang menjadi tujuanmu.

  1. Seleksi Sekolah Kedinasan

Proses penerimaan untuk berbagai institusi pendidikan tinggi yang berada di bawah naungan kementerian dan lembaga pemerintah merupakan seleksi untuk masuk sekolah kedinasan.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANBRB) baru-baru ini mengumumkan bahwa pendaftaran untuk sekolah kedinasan tahun 2024 akan segera dimulai pada bulan Maret. Namun, sampai saat ini belum ada kepastian mengenai tanggal pasti dimulainya proses tersebut.

Delapan instansi akan membuka pendaftaran untuk sekolah kedinasan tahun ini, antara lain: Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Keuangan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Dalam Negeri, Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Badan Pusat Statistik (BPS), dan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Mahasiswa yang diterima akan memiliki kesempatan untuk menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) di kementerian atau lembaga terkait serta mendapatkan fasilitas kuliah gratis, penginapan, uang saku, dan seragam.

  1. UM-PTKIN 2024

Pendaftaran UM-PTKIN 2024 akan membuka pada tanggal 17 April 2024 di situs web resmi https://um.ptkin.ac.id. Proses seleksi nasional ini mirip dengan SNMPTN dan bertujuan untuk menerima mahasiswa baru ke perguruan tinggi Islam negeri di seluruh Indonesia.

  1. SMM PTN Barat

Sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di wilayah barat Indonesia melalui kerja sama, menggunakan metode seleksi yang disebut Seleksi Mahasiswa Mandiri Perguruan Tinggi Wilayah Barat (SMM PTN-Barat).

Baca Juga :  Bingung Pilih Kampus? Ini 20 Kampus Terbaik di Indonesia yang Dapat di Apply

Pada seleksi tahun 2024 ini, peserta diberi kesempatan untuk memilih hingga empat program studi yang berbeda di empat PTN yang berpartisipasi, dari total 25 PTN yang tersedia. Pendaftaran akan dibuka pada tanggal 4 Mei 2024 mendatang, dan informasi lebih lanjut dapat ditemukan melalui tautan berikut: https://smmptnbarat.id/home. Jangan lupa untuk selalu memeriksa informasi terbaru!

  1. Taruna Akademi TNI 2024: Akmil, AAL, AAU

Para lulusan SMA/MA yang berasal dari jurusan IPA dan telah menggunakan Kurikulum Merdeka dapat membuka pendaftaran untuk Akademi TNI tahun 2024.

Mereka akan menjalani pendidikan selama empat tahun setara dengan tingkat pendidikan diploma empat (D4) dengan gelar sarjana sains terapan pertahanan (SSTrHan) di Akademi Angkatan Darat (Akmil) yang berlokasi di Magelang, Jawa Tengah; Akademi Angkatan Laut (AAL) yang berada di Krembangan, Surabaya, Jawa Timur; dan Akademi Angkatan Udara (AAU) yang berbasis di Yogyakarta. Pendaftaran akan tetap terbuka hingga tanggal 20 April 2024 dan dapat diakses melalui situs web resmi https://rekrutmen-tni.mil.id/. Setelah lulus, mereka akan mendapatkan pangkat perwira dalam TNI.

  1. Akademi Polisi 2024

Pendaftaran untuk menjadi taruna-taruni di Akademi Polisi (Akpol) akan segera dimulai pada bulan Maret ini. Akpol Lemdiklat Polri, yang terletak di Semarang, Jawa Tengah, akan menjalani program pendidikan selama empat tahun oleh calon peserta.

Menurut informasi yang diposting secara resmi di akun Instagram Penerimaan Polri, pendaftaran untuk Akpol seharusnya telah dibuka sejak tanggal 25 Maret 2024 melalui situs resmi https://penerimaan.polri.go.id/. Namun, hingga saat ini, situs tersebut masih menunjukkan bahwa pendaftaran belum dibuka. Oleh karena itu, kami menyarankan untuk terus memantau perkembangan lebih lanjut.

Itulah beberapa jalur lain yang dapat diikuti jika Anda belum beruntung pada jalur SNBP 2024.

Baca Juga :  Kenali Sejarah Dibalik Tradisi Pemberian THR Saat Momen Lebaran Idul Fitri

Demikianlah informasi mengenai 7 jalur masuk kampus pada tahun 2024.***

Bagikan :

Artikel Lainnya

BIMBEL PANDU MELAUNCHING PROGRAM...
Mijen, 13 Juli 2024. Setelah mengadakan program eduwisata dan ...
Rekomendasi Buku Hari Sabtu: Nov...
Teman-teman Bimbel Pandu pasti sudah tidak asing lagi dengan K...
Berkenalan dengan Website Buku G...
Teman-teman Bimbel Pandu apakah pernah mendengar tentang websi...
Eksplorasi Hobi yang Bisa Dicoba...
Memperkenalkan aktivitas di luar yang biasa dilakukan atau yan...
3 Cara Berkesan untuk Anak Gemar...
Apakah Teman-teman Bimbel Pandu masih ingat dengan buku yang p...
Buku-buku Fiksi dengan Segudang ...
“Fiksi itu sangat penting karena membuka imajinasi. Fiks...

Hubungi kami di : 081391427950

Kirim email ke kamibimbelpandu@gmail.com