4 Cara Belajar Calistung Pada Anak TK hingga SD agar Terasa Menyenangkan

sumber: freepik.com

Sobat Pandu siapa sih yang sudah tidak asing lagi dengan istilah calistung yang selalu kita dengar dalam paket pembelajaran bimbel?

Baca, tulis dan hitung atau kerap disebut dengan calistung merupakan salah satu metode belajar yang kerap diajarkan orang tua kepada anak ketika sudah memasuki usia 4 hingga 7 tahun.

Metode ini merupakan salah satu metode dasar dalam lingkup pendidikan dan memiliki peran penting sebab banyak manfaat.

Bagi anak-anak calistung mungkin hanya dianggap sekadar membunyikan huruf, menuliskan huruf-huruf serta berhitung. Namun jika hal ini tidak dilatih sejak kecil akan sangat disayangkan anak tertinggal dalam proses belajar di bangku sekolah.

Sebab memasuki bangku sekolah dasar atau SD nantinya anak-anak akan dituntut untuk bisa calistung dasar.

Maka dari itu, agar anak senang belajar calistung dan dapat cepat dipahami dengan mudah, Anda dapat terapkan 4 cara ini.

Dengan menggunakan 4 cara ini, anak akan mudah untuk memahami calistung dasar dan dapat dijadikan bekal untuk menuju jenjang pendidikan selanjutnya.

Adapun 4 cara belajar calistung pada anak TK hingga SD agar terasa menyenangkan, sebagai berikut:

  • Dapat bernyanyi lagu-lagu tentang abjad

Jika anak suka menonton video berupa lagu-lagu, Anda dapat gunakan cara belajar calistung dengan metode bernyanyi tentang abjad maupun angka.

Sebab terkadang melalui cara yang sedang anak minati saat ini dapat membantu dalam proses penyimpanan memori dengan mudah.

  • Membuat aktivitas menghitung dan memberikan nama pada mainan yang sedang anak gunakan

Tentu masing-masing anak di usia 4-7 tahun atau tingkat TK hingga SD masih suka bermain menggunakan alat-alat berupa mobil-mobilan, masak-masakan, lego dan lain sebagainya.

Agar minat belajar calistung pada anak meningkat, Anda dapat berikan abjad atau angka-angka pada mainan yang sedang anak gemari saat ini.

Baca Juga :  Cek Jadwal Pelaksanaan UTBK 2024 Lengkap dengan Syarat Pendaftaran

Selain itu, juga bisa ajak anak menghitung banyaknya mainan yang sedang ia gunakan saat ini serta kenalkan abjad melalui benda yang sedang anak gunakan untuk bermain.

  • Gunakan flash card

Selanjutnya, Anda bisa gunakan flash card untuk belajar calistung pada anak. Nantinya flash card ini berisi tulisan, angka dan abjad yang akan memudahkan anak untuk belajar dan bermain seputar calistung.

Meskipun anak belum banyak mengenal tentang abjad, menggunakan alat ini anak bisa mengerti bentuk dari huruf dan angka.

  • Menggunakan jasa private untuk membantu anak belajar

Selain mengajarkan calistung dengan cara bermain, Anda juga bisa mengajak anak untuk duduk dan belajar bersama. Apabila anak merasa sulit untuk berkonsentrasi belajar dengan orang tua, Bimbel Pandu bisa membantu untuk mengatasi hal tersebut.

Bimbel Pandu ini memiliki banyak layanan les private, tidak hanya seputar calistung namun juga dapat membantu anak untuk belajar materi yang mungkin masih sulit untuk dipahami mulai dari bangku SD hingga SMA.

Dalam bimbel pandu ini juga memiliki banyak tutor berkompeten yang berpengalaman dan tentunya professional dalam berbagai ilmu pendidikan yang dibutuhkan untuk membantu proses belajar anak.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda ikuti untuk belajar calistung pada anak TK hingga SD agar pembelajaran terasa menyenangkan dan anak dengan mudah menyerap materi yang disampaikan oleh orang tua atau tutor les private terpilih seperti halnya Bimbel Pandu.

Demikian informasi mengenai cara belajar calistung semoga bermanfaat.***

Bagikan :

Artikel Lainnya

BIMBEL PANDU MELAUNCHING PROGRAM...
Mijen, 13 Juli 2024. Setelah mengadakan program eduwisata dan ...
Rekomendasi Buku Hari Sabtu: Nov...
Teman-teman Bimbel Pandu pasti sudah tidak asing lagi dengan K...
Berkenalan dengan Website Buku G...
Teman-teman Bimbel Pandu apakah pernah mendengar tentang websi...
Eksplorasi Hobi yang Bisa Dicoba...
Memperkenalkan aktivitas di luar yang biasa dilakukan atau yan...
3 Cara Berkesan untuk Anak Gemar...
Apakah Teman-teman Bimbel Pandu masih ingat dengan buku yang p...
Buku-buku Fiksi dengan Segudang ...
“Fiksi itu sangat penting karena membuka imajinasi. Fiks...

Hubungi kami di : 081391427950

Kirim email ke kamibimbelpandu@gmail.com