4 Tips Mengerjakan Soal Penalaran Kuantitatif

Poster peserta UTBK SNBT. snpmb.bppp.kemdikbud.go.id

Salam Sobat Bimbel Pandu, pada akhir April 2024, tepatnya tanggal 30 April 2024, banyak calon mahasiswa yang berhasil menyelesaikan Ujian Tes Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) SNBT 2024.

Namun, meskipun mereka berhasil menyelesaikan berbagai soal dalam UTBK SNBT 2024, peserta tentu mengalami kesulitan dalam beberapa bagian.

Salah satu soal yang dianggap sulit pada UTBK SNBT tahun ini adalah soal penalaran kuantitatif.

Perlu diketahui dalam ujian UTBK SNBT 2024 nantinya peserta akan dipersilahkan untuk mengerjakan Tes Potensi Skolastik atau TPS yang memiliki empat sub tes, yakni Penalaran Umum, Pengetahuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum serta Memahami Bacaan dan Menulis.

Akan tetapi, pada artikel ini akan membantu Sobat Bimbel Pandu untuk memecahkan kesulitan pada UTBK SNBT 2024 kemarin.

Bukan membahas mengenai soal, namun, ada sedikit tips yang dapat Sobat Bimbel Pandu terapkan agar waktu yang dimiliki saat tes tidak habis di sub bab tertentu khususnya penalaran kuantitatif.

Adapun tips mengerjakan soal penalaran kuantitatif pada UTBK SNBT 2024, sebagai berikut:

Tips Mengerjakan Soal Penalaran Kuantitatif:

  • Pertama dan yang paling sering diulang adalah memahami konsep dasar. Saat mengerjakan materi TPS apapun, kami menekankan untuk meningkatkan Skill Dasar. Karena inti dari topik atau materi yang dipelajari harus dikuasai terlebih dahulu.

Ibarat sebuah gedung pencakar langit, jika pondasinya buruk atau tidak kuat, gedung tersebut dapat rubuh. Jadi, mari kita perkuat Skill Dasar.

  • Pilihlah Soal yang Mudah Terlebih Dahulu. Setelah Anda memiliki kertas kosong untuk menghitung, dan telah mempelajari konsep dasar, sekarang kerjakan soal yang lebih mudah terlebih dahulu.

Soal hitungan biasanya memerlukan waktu pengerjaan yang lebih lama. Dengan mengerjakan soal yang paling mudah terlebih dahulu, Anda dapat menghemat waktu. Ini memberikan peluang lebih besar untuk menjawab semua soal.

  • Jangan Meragukan Diri Sendiri. Setelah Anda memahami Skill Dasar dan mengerjakan soal yang paling mudah terlebih dahulu, Anda akan lebih percaya diri untuk mencoba mengerjakan setiap soal. Jangan takut atau ragu.
Baca Juga :  15 Larangan bagi Peserta UTBK SNBT 2024 Gelombang 2

Soal yang rumit dan berbentuk angka terkadang membuat kita merasa tidak mampu, dan cenderung melewati soal tersebut. Namun, keputusan semacam itu salah besar. Bagaimana jika ternyata soal yang dilewatkan memiliki nilai yang besar?

Jadi, mari kita kerjakan semua soal. Jangan membatasi diri dengan mengatakan bahwa Anda tidak bisa. Mungkin dengan mencoba, Anda justru dapat meningkatkan kemampuan untuk mengerjakan soal-soal tersebut.

Itulah beberapa tips yang dapat Sobat Bimbel Pandu terapkan pada saat mengerjakan Penalaran Kuantitatif di soal UTBK SNBT 2024.

Demikian informasi mengenai tips mengerjakan soal penalaran Kuantitatif.***

Bagikan :

Artikel Lainnya

BIMBEL PANDU MELAUNCHING PROGRAM...
Mijen, 13 Juli 2024. Setelah mengadakan program eduwisata dan ...
Rekomendasi Buku Hari Sabtu: Nov...
Teman-teman Bimbel Pandu pasti sudah tidak asing lagi dengan K...
Berkenalan dengan Website Buku G...
Teman-teman Bimbel Pandu apakah pernah mendengar tentang websi...
Eksplorasi Hobi yang Bisa Dicoba...
Memperkenalkan aktivitas di luar yang biasa dilakukan atau yan...
3 Cara Berkesan untuk Anak Gemar...
Apakah Teman-teman Bimbel Pandu masih ingat dengan buku yang p...
Buku-buku Fiksi dengan Segudang ...
“Fiksi itu sangat penting karena membuka imajinasi. Fiks...

Hubungi kami di : 081391427950

Kirim email ke kamibimbelpandu@gmail.com