5 Rekomendasi Waktu Terbaik untuk Belajar

Ilustrasi belajar siswa menengah keatas yang menjadi salah satu jenjang sekolah penerapan kurikulum merdeka. Unsplash.com/ Ed Us

Halo Sobat Bimbel Pandu, kalian sering ngga sih merasa malas untuk belajar, malas untuk mengerjakan sesuatu padahl banyak deadline dan tugas-tugas yang menumpuk?

Jika kalian sering merasakan hal tersebut, yuk ikuti beberapa waktu ini agar sensasi belajar kalian makin semangat dan tidak malas-malasan lagi.

Belajar menjadi salah satu kewajiban yang harus dilakukan bagi para pelajar baik tingkat SD-SMP-SMA hingga bangku perkuliahan.

Sebab dengan belajar akan menambah pengetahuan dan bisa menjadi bekal untuk masa depan nantinya.

Agar Sobat Bimbel Pandu merasakan nyaman dalam belajar, dapat ikuti beberapa rekomendasi ini.

Adapun 5 rekomendasi waktu terbaik untuk belajar, sebagai berikut:

Waktu Terbaik untuk Belajar

Waktu yang tepat untuk aktivitas bervariasi sepanjang hari, dengan masing-masing periode memiliki karakteristik dan manfaatnya sendiri.

  • Pagi hari,

Mulai dari jam 07.00 hingga 11.00, menjadi waktu yang optimal untuk memulai aktivitas produktif. Pada rentang ini, otak dan tubuh kita masih segar, dengan sedikit distraksi, serta terinspirasi oleh cahaya matahari yang menyenangkan dan udara segar. Pelajaran di sekolah pada waktu pagi biasanya lebih mudah dipahami dan diserap dengan semangat belajar yang tinggi.

  • Siang hari,

Dari jam 11.00 hingga 14.30, merupakan waktu yang cocok untuk menyelesaikan tugas-tugas yang menuntut konsentrasi tinggi atau membutuhkan banyak energi. Meskipun keinginan untuk tidur umumnya menurun, hal ini tetap berlaku jika tidur malamnya teratur.

  • Sore hari,

Dari jam 15.00 hingga 17.30, adalah saat dimana tubuh dan pikiran kita mulai merasakan kelelahan setelah menjalani berbagai aktivitas sepanjang hari. Namun, ini bisa menjadi waktu yang baik untuk belajar dengan suasana santai, seperti berdiskusi dengan teman atau melakukan aktivitas di luar ruangan yang menyegarkan.

  • Malam hari,
Baca Juga :  3 Rekomendasi Kuliner Kaki Lima di Bandung yang Legendaris

Dari jam 18.00 hingga 21.00, merupakan waktu yang tepat untuk mengulang kembali pelajaran yang sudah dipelajari dan menyelesaikan tugas-tugas pribadi. Mengingat kembali materi yang telah dipelajari membantu dalam pemahaman, sementara istirahat yang cukup penting untuk kesiapan mental dan fisik keesokan harinya.

  • Dini hari,

Dari jam 01.00 hingga 04.00, mungkin menjadi waktu yang unik untuk belajar bagi beberapa orang. Suasana yang sunyi dan damai dapat memfasilitasi fokus, sambil mendengarkan musik yang menenangkan. Namun, metode ini berisiko jika tidak terbiasa, dan tidur teratur tetap menjadi prioritas untuk menjaga kesehatan dan kinerja secara keseluruhan.

Sobat Bimbel Pandu dapat ikuti beberapa waktu yang efisien tersebut untuk diterapkan saat belajar.

Demikian informasi mengenai 5 rekomendasi waktu untuk belajar.***

Bagikan :

Artikel Lainnya

BIMBEL PANDU MELAUNCHING PROGRAM...
Mijen, 13 Juli 2024. Setelah mengadakan program eduwisata dan ...
Rekomendasi Buku Hari Sabtu: Nov...
Teman-teman Bimbel Pandu pasti sudah tidak asing lagi dengan K...
Berkenalan dengan Website Buku G...
Teman-teman Bimbel Pandu apakah pernah mendengar tentang websi...
Eksplorasi Hobi yang Bisa Dicoba...
Memperkenalkan aktivitas di luar yang biasa dilakukan atau yan...
3 Cara Berkesan untuk Anak Gemar...
Apakah Teman-teman Bimbel Pandu masih ingat dengan buku yang p...
Buku-buku Fiksi dengan Segudang ...
“Fiksi itu sangat penting karena membuka imajinasi. Fiks...

Hubungi kami di : 081391427950

Kirim email ke kamibimbelpandu@gmail.com