Hadapi Cuaca Panas, Begini Tipsnya

Sumber: Freepik/freepik

Simak selengkapnya pada artikel ini untuk temukan tips menghadapi cuaca panas yang dapat Sobat Bimbel Pandu ikuti.

Warga Indonesia di berbagai wilayah merasakan cuaca panas karena perubahan musim menuju musim kemarau. Ada beberapa hal yang perlu mereka ketahui dan lakukan untuk menghadapinya.

Menurut laman British Red Cross, ada beberapa cara untuk merasa lebih sejuk meskipun cuaca panas. Merendam tangan dan kaki dalam air dingin adalah salah satu caranya, namun penting untuk tidak membuat badan terlalu kedinginan dan biarkan tubuh menjadi lebih sejuk secara perlahan-lahan.

Untuk persiapan bagi Sobat Bimbel Pandu hadapi cuaca panas, dapat ikuti beberapa tips ini.

Tips Hadapi Cuaca Panas

  • Rendam Tangan dan Kaki

Banyak titik nadi terdapat pada pergelangan tangan dan kaki. Kulit berdekatan dengan pembuluh darah pada pergelangan tangan maupun kaki. Kondisi ini memfasilitasi pendinginan tubuh yang lebih cepat.

Kulit merupakan jalur bagi panas tubuh untuk keluar. Rasanya akan lebih sejuk jika area kulit yang didinginkan lebih luas. Menggunakan air dingin untuk mandi juga merupakan pilihan jika ingin lebih dari merendam tangan dan kaki. Disarankan untuk mandi secara perlahan agar tubuh tidak mengalami kedinginan.

  • Halau Sinar Matahari

Berbagai cara dapat digunakan untuk menghalau sinar Matahari agar tidak memengaruhi tubuh. Salah satunya adalah dengan memakai pakaian berwarna terang dan longgar, karena pakaian berwarna terang tidak menyerap sinar Matahari sebanyak pakaian berwarna gelap, dan pakaian longgar membebaskan panas dari tubuh keluar lebih baik daripada pakaian yang ketat.

Selain itu, menggunakan topi untuk melindungi kepala dan wajah dari sinar Matahari, serta mengoleskan tabir surya secara berkala juga dapat membantu. Penting juga untuk beristirahat di tempat yang teduh agar tidak cepat lelah.

Baca Juga :  Eksplorasi Hobi yang Bisa Dicoba Bersama Anak

Menurut laman World Economic Forum, Pemerintah Prancis telah meminta pengawasan suhu di sekolah dan mendorong masyarakat untuk membuat daftar tempat sejuk untuk berteduh di sekitar, sebagai tanggapan atas 11.000 kematian terkait cuaca panas di Prancis pada tahun 2022.

  • Jangan Lupa Minum

Mendinginkan badan tidak hanya dilakukan dari luar tubuh, tetapi juga dari dalam. Air minum dingin maupun hangat dapat menjaga suhu tubuh tetap stabil.

Namun, menghindari minuman yang mengandung kafein seperti teh dan kopi, serta minuman beralkohol akan menjaga hidrasi tubuh tetap terjaga.

Tanda-tanda dehidrasi seperti mulut kering, pusing, atau kebingungan, serta sakit kepala dapat diatasi dengan minum minuman isotonik untuk mengisi kembali kebutuhan cairan, garam, dan gula dalam tubuh.

  • Makan Makanan yang Lebih Ringan

Pilihlah makan makanan seimbang dengan porsi reguler daripada makan makanan yang berat dalam sekali duduk. Sertakan bahan makanan yang masih mengandung banyak air seperti timun, seledri, selada, stroberi, dan lainnya dalam menu makanan. Sup dan tumisan juga dapat membantu hidrasi tubuh agar tidak terlalu kepanasan, karena makanan jenis ini mengandung air, seperti yang terlihat dalam kuahnya.

  • Jaga Rumah Tetap Dingin

Tidak hanya memilikinya dan menyalakannya, beberapa cara dapat menjaga suhu dalam rumah tetap dingin, seperti memasang kerai, alas kasur, atau handuk pada jendela untuk mencegah sinar Matahari langsung masuk.

Saat malam hari, jika suhu dalam rumah lebih tinggi dari suhu luar ruangan, jendela dapat dibuka untuk membiarkan angin masuk dengan membuka beberapa jendela di beberapa kamar, namun pastikan tindakan ini tetap aman bagi keselamatan anggota keluarga dan barang-barang di rumah.

Hindari juga memasak pada waktu-waktu cuaca terpanas. Makan makanan yang memerlukan sedikit waktu memasak dan menggunakan peralatan memasak yang tertutup juga dapat membantu.

  • Hindari Kelelahan dan Heat Stroke
Baca Juga :  3 Contoh Puisi Tema Hari Pendidikan Nasional 2024

Saat badan kehilangan kelebihan air, garam, dan gula karena berkeringat, heat exhaustion dapat terjadi. Orang yang mengalami kondisi ini disarankan untuk segera minum dan menjauhi sinar Matahari, serta mendinginkan tubuhnya.

Heat stroke terjadi ketika suhu badan menjadi terlalu panas dan tidak dapat mendinginkan diri sendiri. Tanda-tanda heat stroke meliputi sakit kepala, mual, kram otot, dan kebingungan.

Jika seseorang mengalami heat stroke, disarankan untuk segera mendinginkan tubuhnya dengan membungkusnya dalam baju yang telah dibasahi, dan kemudian menghubungi tenaga kesehatan profesional.

Sobat Bimbel Pandu dapat ikuti beberapa tips itu untuk hadapi cuaca kemarau akhir-akhir ini.

Demikian informasi mengenai tips hadapi cuaca kemarau.***

Bagikan :

Artikel Lainnya

BIMBEL PANDU MELAUNCHING PROGRAM...
Mijen, 13 Juli 2024. Setelah mengadakan program eduwisata dan ...
Rekomendasi Buku Hari Sabtu: Nov...
Teman-teman Bimbel Pandu pasti sudah tidak asing lagi dengan K...
Berkenalan dengan Website Buku G...
Teman-teman Bimbel Pandu apakah pernah mendengar tentang websi...
Eksplorasi Hobi yang Bisa Dicoba...
Memperkenalkan aktivitas di luar yang biasa dilakukan atau yan...
3 Cara Berkesan untuk Anak Gemar...
Apakah Teman-teman Bimbel Pandu masih ingat dengan buku yang p...
Buku-buku Fiksi dengan Segudang ...
“Fiksi itu sangat penting karena membuka imajinasi. Fiks...

Hubungi kami di : 081391427950

Kirim email ke kamibimbelpandu@gmail.com