Kabar Gembira! Pemerintah Izinkan Lulusan Ma’had Aly Ikut CPNS 2024, Ini Ketentuannya

Ilustrasi membaca Al-Quran. Pexels/Pok Rie

Pemerintah memberikan peluang kepada alumni Ma’had Aly untuk mengambil bagian dalam proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024 dengan penempatan sebagai penyuluh agama.

“Kami bersepakat untuk memberi kesempatan alumni Ma’had Aly bisa mendaftar CPNS. Ini merupakan rekognisi pemerintah atas kualitas dan kompetensi lulusan pesantren,” kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam laman Kemenag.

Ma’had Aly adalah institusi pendidikan tinggi Islam yang berakar pada tradisi pesantren.

Di lingkungan pesantren ini, pendidikan akademik dalam ilmu agama Islam berpusat pada pemahaman kitab kuning, dan diselenggarakan oleh pondok pesantren.

Ijazah sarjana dari Ma’had Aly diakui secara resmi oleh negara dengan status yang setara, memungkinkan pemegangnya melanjutkan studi ke tingkat yang lebih tinggi. Langkah ini didasarkan pada Peraturan Menteri Agama nomor 32 tahun 2020 mengenai Ma’had Aly.

Cholil menyatakan bahwa secara teknis, kebijakan ini akan dibahas bersama Majelis Masyayikh.

Tindakan ini juga menunjukkan pengakuan negara terhadap keunikan pendidikan pesantren melalui proses penjaminan mutu yang dilakukan bersama, oleh, dan untuk pesantren.

“Majelis Masyayikh akan terus kita perkuat. Penguatan kelembagaan Majelis Masyayikh sangat penting karena keberadaannya seperti BAN-PT-nya Mahad Ali,” tegas Menag.

Menurut Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas, langkah ini merupakan pengakuan yang signifikan dari pemerintah. Sebelumnya, rekrutmen penyuluh agama hanya dibatasi pada lulusan perguruan tinggi keagamaan seperti UIN atau IAIN.

CPNS 2024 akan membuka ribuan posisi penyuluh agama, dengan regulasi lebih rinci akan ditetapkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“Alhamdulillah, setelah diskusi detail, kami menyepakati bahwa lulusan Mahad Aly dari berbagai pesantren di Tanah Air bisa mengikuti seleksi CPNS penyuluh agama. Ini bentuk negara hadir merekognisi sistem pendidikan pesantren,” ujar Anas.

Baca Juga :  Ketahui! 2 Penyebab Utama KIP Kuliah Bisa Dicabut

Informasi ini bagikan oleh Bimbel Pandu untuk Anda yang kini lulusan Ma’had Aly dan ingin mendaftar peluang besar yang disediakan oleh Kemenag.

Agar tidak ketinggalan mengenai informasi pendaftaran CPNS, sobat Bimbel Pandu dapat pantau perkembangan melalui web CPNS 2024.***

Bagikan :

Artikel Lainnya

BIMBEL PANDU MELAUNCHING PROGRAM...
Mijen, 13 Juli 2024. Setelah mengadakan program eduwisata dan ...
Rekomendasi Buku Hari Sabtu: Nov...
Teman-teman Bimbel Pandu pasti sudah tidak asing lagi dengan K...
Berkenalan dengan Website Buku G...
Teman-teman Bimbel Pandu apakah pernah mendengar tentang websi...
Eksplorasi Hobi yang Bisa Dicoba...
Memperkenalkan aktivitas di luar yang biasa dilakukan atau yan...
3 Cara Berkesan untuk Anak Gemar...
Apakah Teman-teman Bimbel Pandu masih ingat dengan buku yang p...
Buku-buku Fiksi dengan Segudang ...
“Fiksi itu sangat penting karena membuka imajinasi. Fiks...

Hubungi kami di : 081391427950

Kirim email ke kamibimbelpandu@gmail.com