Pengalaman Pertamaku Ikut Pramuka

   Bertepatan dengan momen ulang tahun Pramuka Indonesia ke 62 tahun ini, Aku ingin berbagi cerita tentang pengalaman pertamaku ikut pramuka, saat itu aku masih menjadi Pramuka Penggalang.

   Suatu pagi yang cerah di musim kemarau, aku bergabung dengan kelompok pramuka di sekolahku untuk sebuah perkemahan sabtu minggu (PERSAMI). Kami semua bersemangat dan penuh antusiasme karena ini adalah pengalaman pertama kami dalam kegiatan pramuka di alam terbuka.

   Setibanya di lokasi perkemahan, kami langsung memulai dengan kegiatan membangun tenda. Meskipun sedikit bingung pada awalnya, kami semua bekerja sama dengan gembira. Setelah tenda-tenda selesai didirikan, kami mengikuti serangkaian permainan dan tantangan di alam terbuka. Ada acara hiking, berburu jejak, dan bahkan mempelajari teknik bertahan hidup di hutan.

   Salah satu momen paling mengesankan adalah ketika kami semua berkumpul di sekitar api unggun di malam hari. Sambil duduk di sekitar api unggun, kami bernyanyi lagu-lagu pramuka dengan semangat. Kemudian, kami berbagi cerita dan pengalaman sambil menikmati makanan yang dimasak di atas api unggun. Kemudian dilanjutkan dengan pentas seni, semua kelompok harus menampilkan kreasinya, malu sih awalnya tapi lama kelamaan asyik juga, malam pun semakin ramai dengan riuh tawa dari kami, rasanya begitu hangat dan akrab, seakan kami telah menjadi keluarga besar dalam waktu singkat.

  Pada malam itu, kami juga memiliki aktivitas observasi bintang. Kami berbaris keluar dari tenda-tenda dan berbaris di bawah langit yang penuh dengan bintang. Panduan kami menjelaskan tentang berbagai konstelasi dan bintang-bintang terang di langit. Sangat menakjubkan untuk melihat langit malam yang begitu jernih dan indah serta dihiasi oleh ribuan Bintang yang memadarkan cahayanya.

Baca Juga :  Rekomendasi Buku Hari Sabtu: Novel Sang Raja, Kudus, dan Kretek Lintas Zaman

   Pada akhir perkemahan, kami merasa lebih dekat satu sama lain dan memiliki banyak kenangan yang tak terlupakan. Meskipun ada beberapa tantangan di sepanjang perjalanan, seperti cuaca yang tiba-tiba berubah atau tenda yang sulit dirakit, kami semua belajar untuk bekerja sama, mengatasi hambatan, dan menemukan kegembiraan dalam petualangan bersama.

  Pengalaman itu telah menginspirasi saya untuk terus berpartisipasi dalam kegiatan pramuka dan menjalani kehidupan dengan semangat petualang dan kolaboratif. Saya selalu akan mengingat cerita asyik itu setiap kali mendengar tentang pramuka atau melihat bintang-bintang di langit malam. Hal ini menjadi titik dimana cinta itu dimulai, aku mulai sangat suka dengan Pramuka dan tak pernah absen kegiatan Pramuka apalagi saat ada perkemahan, baik di sekolahan maupun di alam terbuka.

   Semoga di momen Hari Pramuka ke 62 Tahun ini, Pramuka Indonesia semakin jaya dan melahirkan generasi muda yang agamis, berdedikasi, tangguh, cerdas, bertanggung jawab serta profesional.

(adm/pd)

Bagikan :

Artikel Lainnya

BIMBEL PANDU MELAUNCHING PROGRAM...
Mijen, 13 Juli 2024. Setelah mengadakan program eduwisata dan ...
Rekomendasi Buku Hari Sabtu: Nov...
Teman-teman Bimbel Pandu pasti sudah tidak asing lagi dengan K...
Berkenalan dengan Website Buku G...
Teman-teman Bimbel Pandu apakah pernah mendengar tentang websi...
Eksplorasi Hobi yang Bisa Dicoba...
Memperkenalkan aktivitas di luar yang biasa dilakukan atau yan...
3 Cara Berkesan untuk Anak Gemar...
Apakah Teman-teman Bimbel Pandu masih ingat dengan buku yang p...
Buku-buku Fiksi dengan Segudang ...
“Fiksi itu sangat penting karena membuka imajinasi. Fiks...

Hubungi kami di : 081391427950

Kirim email ke kamibimbelpandu@gmail.com